Pertanyaan: Apa hukumnya berhutang untuk menunaikan haji?
Jawaban:
بسم الله الرحمن الرحيم, الحمد لله رب العالمين و صلى
الله و سلم و بارك على نبينا
محمد و آله و صحبه أجمعين, أما بعد
Sudah kita ketahui bahwa salah satu
syarat wajibnya haji adalah mampu, baik mampu harta sebagai bekal
menunaikan ibadah haji dan mampu badan untuk menunaikan haji. Hal ini
berdasarkan dalil di bawah ini:
وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ
الْعَالَمِينَ}
Artinya: “Mengerjakan haji adalah
kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup
mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban
haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari
semesta alam”. (QS. Ali Imran: 97)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ قَالَ كَانَ الْفَضْلُ بْنُ عَبَّاسٍ رَدِيفَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- فَجَاءَتْهُ امْرَأَةٌ مِنْ خَثْعَمَ تَسْتَفْتِيهِ فَجَعَلَ الْفَضْلُ يَنْظُرُ إِلَيْهَا وَتَنْظُرُ إِلَيْهِ فَجَعَلَ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصْرِفُ وَجْهَ الْفَضْلِ إِلَى الشِّقِّ الآخَرِ. قَالَتْ يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنَّ فَرِيضَةَ اللَّهِ عَلَى عِبَادِهِ فِى الْحَجِّ أَدْرَكَتْ أَبِى شَيْخًا كَبِيرًا لاَ يَسْتَطِيعُ أَنْ يَثْبُتَ
عَلَى الرَّاحِلَةِ أَفَأَحُجُّ عَنْهُ قَالَ « نَعَمْ ». وَذَلِكَ فِى حَجَّةِ الْوَدَاعِ.
Artinya: “Abdullah bin Abbas
radhiyallahu ‘anhuma bercerita: “Pernah Al Fadhl bin Abbas radhiyallahu
‘anhu menjadi teman boncengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,
lalu datanglah seorang wanita dari Khats’am, meminta fatwa kepada
beliau, (pada saat itu) Al Fadhl melihat kepada wanita tersebut dan
wanita tersebut juga melihat kepadanya, maka Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam menolehkan wajah Al Fadhl ke arah lain, wanita tersebut
bertanya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kewajiban Allah atas hambanya
dalam perkara haji telah didapati oleh bapakku dalam keadaan sangat
tua, tidak sanggup untuk duduk di atas hewan kendaraan, bolehkah aku
menghajikannya?”, beliau menjawab: “iya (boleh)”, dan hal itu terjadi
pada saat haji Wada’. (HR. Bukhari dan Muslim)
Lalu bolehkah orang berhutang untuk menunaikan ibadah haji? Mari lihat jawaban para ulama tentang hal ini:
Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata:
” الذي أراه أنه لا يفعل ؛ لأن الإنسان لا يجب عليه الحج إذا كان عليه دَيْن ، فكيف إذا
استدان ليحج ؟! فلا أرى أن يستدين للحج ؛ لأن الحج في هذه الحال ليس واجباً عليه
، ولذا ينبغي له أن يقبل رخصة الله وسعة رحمته ، ولا يكلف نفسه دَيْناً لا يدري هل
يقضيه أو لا ؟ ربما يموت ولا يقضيه ويبقى في ذمته.
Artinya: “Saya berpendapat bahwa orang
tersebut tidak melakukannya (yaitu berhutang untuk menunaikan haji),
karena seorang tidak diwajibkan untuk berhaji jika dia mempunyai
tanggungan hutang, maka bagaimana jika dia berhutang?! (lebih-lebih
lagi), maka saya tidak sependapat jika dia berhutang untuk berhaji,
karena haji dalam keadaan ini tidak diwajibkan atasnya, oleh sebab ini
semestinya dia menerima keringanan Allah dan keluasan rahmat-Nya, dan
tidak membebani dirinya dengan hutang yang dia tidak tahu apakah dia
bisa membayarnya atau tidak? Mungkin dia meninggal dan belum membayarnya
akhirnya masih tersisa hitang tersebut dalam tanggungannya”. (Lihat
Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin, 21/93)
Beliau juga berkata:
أشير عليه أن لا يفعل، لأن في الاستدانة إشغال لذمته، ولا يدري هل يتمكن من الوفاء
فيما بعد أو لا يتمكن، وإذا كان الحج لا يجب على من كان عليه دين فكيف يستدين
الإنسان ليحج؟ وعلى كل حال فإذا كان الرجل ليمس عنده مال يمكن منه الحج فإنه لا
حج عليه أصلاً، وإذا مات في هذه الحال لا يعد عاصياً، لأنه لا يجب عليه الحج.
Artinya: “Saya berpendapat agar dia
tidak mengerjakannya, karena di dalam berhutang akan menyibukkan jaminan
dirinya, dan dia tidak mengetahui apakah mungkin baginya untuk melunasi
pada waktu yang akan datang atau tidak mungkin, dan jika haji tidak
diwajibkan atas seorang yang masih mempunyai tanggungan hutang, maka
bagaimana seseorang berhutang untuk menunaikan haji (lebih lagi)?!, yang
jelas, jika seseorang tidak mempunyai harta untuk berhaji, maka pada
asal hukumnya tidak wajib baginya (menunaikan haji), dan jika dia
meninggal dalam keadaan ini tidak dianggap berdosa, karena tidak wajib
atasnya untuk menunaikan haji”. (Lihat Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu
Utsaimin, 21/129)
Berkata Syeikh Al Allamah Shalih Al Fauzan hafizhahullah:
الفقير ليس عليه حج إذا كان لا يستطيع نفقة الحج؛ لقوله تعالى : { وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ
حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً } [ سورة آل عمران : آية 97 ] ، ولا يجوز له أن
يستدين من أجل أن يحج؛ لأن هذا تكلف لم يأمر الله به، ولأنه يشغل ذمته بالدين من
غير داع إلى ذلك؛ فعليه أن ينتظر حتى يغنيه الله من فضله، ويستطيع الحج، ثم يحج
Artinya: “Seorang miskin tidak wajib atasnya haji, jika tidak mampu dalam bekal haji, berdasarkan Firman Allah Ta’ala:
{ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً }
Artinya: “Mengerjakan haji adalah
kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup
mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban
haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari
semesta alam”. (QS. Ali Imran: 97)
Dan tidak boleh baginya berhutang (untuk
berhaji), karena ini adalah pembebanan (diri) yang tidak diperintahkan
Allah dengannya dan karena dia sudah menyibukkan dirinya dengan hutang
yang tidak ada keperluan kepada hal itu. Maka, wajib atasnya untuk
menunggu sampai Allah mengayakan dia dan mampu untuk berhaji lalu baru
dia berhaji. (Lihat kitab Al Muntaqa Min fatawa Al Fauzan, no. 257)
Beliau juga berkata:
قال الله سبحانه وتعالى : { وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً } [
سورة آل عمران : آية 97 ] ، والسبيل هو الزاد والراحلة، يعني : أن يتوافر له النفقة
الكافية في حجه، والنفقة الكافية أيضًا لأولاده ومن يعوله إلى أن يرجع، ولا يجب
على من ليس له القدرة المالية حج، ولا يستدين لأجل ذلك؛ لأنه لم يوجب عليه الله
سبحانه وتعالى شيئًا وهو مثقل نفسه بالدين ويتكلف لشيء لم يلزمه، والله سبحانه
وتعالى يقول : { يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ } [ سورة البقرة : آية 185 ]
فليس من الشرع أن يستدين الإنسان ليحج، ولكن مادام أنه فعل هذا واستدان وحج،
فإن حجته صحيحة ويجب عليه سداد الدين، والله سبحانه وتعالى يوفق الجميع لما
فيه الخير والصلاح .
Allah Ta’ala berfirman:
{ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً }
Artinya: “Mengerjakan haji adalah
kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup
mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban
haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari
semesta alam”. (QS. Ali Imran: 97)
Dan mampu adalah bekal dan kendaraan,
maksudnya yaitu; terkumpul baginya bekal yang cukup di dalam hajinya,
dan bekal yang cukup juga untuk anak-anaknya dan orang yang di bawah
tanggungannya sampai dia kembali (dari hajinya). Dan tidak wajib haji
atas seorang yang tidak memiliki kemampuan harta, dan tidak boleh dia
berhutang untuk itu, karena Allah Ta’ala tidak mewajibkan atasnya
sesuatu apapun (dari ibadah haji), dan dia telah memberatkan dirinya
dengan hutang dan membebani dirinya dengan sesuatu yang tidak wajib
atasnya. Padahal Allah Ta’ala berfirman:
{ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ }
Artinya: “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”. (QS. Al Baqarah: 185)
Maka bukan dari perkara yang sesuai
syari’at jika seseorang berhutang untuk berhaji, akan tetapi jika ia
berhutang dan telah selesai menunaikan haji, maka hajinya sah dan
wajibnya atasnya untuk bayar hutang. Semoga Allah Ta’ala memberikan
petunjuk kepada seluruh (kita) kepada kebaikan dan keshalihan. (Lihat
kitab Al Muntaqa Min Fatawa Al Fauzan, no. 223)
Dammam, KSA.
Oleh: Ustadz Abu Abdillah Ahmad Zain, Lc
Oleh: Ustadz Abu Abdillah Ahmad Zain, Lc
Artikel: Moslemsunnah.Wordpress.com